Jumat, 28 Desember 2012

ALAT DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM


 ALAT DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM



KATA PENGANTAR
 

Alhamdulillah puji syukur Penulis ucapkan kepada Allah SWT, yang memberikan Penulis nikmat kesehatan dan umur panjang sehingga Penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul “Alat dan Metode Pendidikan Islam”.
Shalawat beriring salam kita kirimkan kepada Baginda Rasulullah Saw. Dimana karena berkat perjuangan beliaulah kita semua dapat menuntut ilmu pengetahuan seperti saat sekarang ini
Makalah ini Penulis buat dari berbagai referensi yang berkaitan dengan judul yang dibahas, meskipun demikian karena kedangkalan ilmu yang Penulis miliki tentunya masih banyak terdapat kesalahan.
            Selanjutnya Penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat didalam penyusunan makalah ini terlebih lagi kepada dosen pengampu yang bersedia membina Penulis sehingga kami dapat tertantang untuk lebih maju dan untuk dapat menyelesaikan makalah ini dengan sebaik mungkin.
            Akhirnya, Penulis harapkan adanya kritikan ataupun saran yang bersifat konstruktif, dimana setiap manusia itu tidak ada yang sempurna.


Tembilahan,  Desember 2012




PENULIS










BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Alat pendidikan memiliki arti yang sama yaitu sebagai sarana pendidikan. Term alat berarti barang sesuatu yang dipakai untuk mencapai suatu masksud ataupun tujuan. Berbicara mengenai metode Pendidikan Islam. Metode jauh lebih penting dibanding materi, karena sebaik apapun tujuan pendidikan, jika tidak didukung oleh metode yang tepat, tujuan tersebut sangat sulit untuk dapat tercapai dengan baik. Sebuah metode akan mempengaruhi sampai tidaknya suatu informasi secara lengkap atau tidak.. Oleh sebab itu pemilihan metode pendidikan harus dilakukan secara cermat, disesuaikan dengan berbagai faktor terkait, sehingga hasil pendidikan dapat memuaskan.[1]
 Apa yang dilakukan Rasulullah Saw saat menyampaikan wahyu Allah kepada para sahabatnya bisa kita teladani,  karena Rasul saw. sejak awal sudah   mengimplementasikan metode pendidikan yang tepat terhadap para sahabatnya. Strategi pembelajaran yang beliau lakukan sangat akurat dalam menyampaikan ajaran Islam. Rasul saw, sangat memperhatikan situasi, kondisi dan karakter seseorang, sehingga nilai-nilai Islami dapat ditransfer dengan baik. Rasulullah saw. juga sangat memahami naluri dan kondisi setiap orang, sehingga beliau mampu menjadikan mereka suka cita, baik meterial maupun spiritual, beliau senantiasa mengajak orang untuk mendekati Allah SWT, dan syari’at-Nya.

B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah diatas kami merumuskan permasalahan yang akan kami bahas dalam makalah ini, yaitu sebagai berikut:
-          Apa yang dimaksud dengan alat dan metode pendidikan Islam?
-          Apa Jenis-Jenis Metode Dan Alat Pendidikan Islam?

C.    Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui pengertian alat dan metode pendidikan Islam, serta apa saja jenis-jenis alat dan metode pendidikan Islam.




BAB II
PEMBAHASAN
ALAT DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM

A.    Pengertian Alat dan Metode Pendidikan Islam
Zakiah Derajat menyebutkan pengertian alat pendidikan sama dengan media pendidikan sebagai sarana pendidikan. Term alat berarti barang yang dipakai untuk mencapai suatu maksud ataupun tujuan.[2]Adapun menurut Bernadib mengemukakan bahwa alat pendidikan ialah tindakan atau perbuatan atau situasi atau benda yang dengan sengaja diadakan, untuk mencapai tujuan pendidikan.[3] Ternyata alat pendidikan mencakup pengertian yang luas, termasuk kedalamnya, yaitu :
1.      Alat yang berupa materi (benda), seperti alat peraga, dan perlengkapan belajar lainnya.
2.      Alat yang berupa non materi (bukan benda), seperti situasi, pergaulan, perbuatan, nasehat, bimbingan, perintah, pujian, teguran, dan sebagainya.
Sedangkan pengertian metode. Secara etimologi, kata metode berasal dari bahasa Yunani, yaitu meta dan hodos. Meta berarti “melalui dan hodos berarti “jalan” atau “cara”.[4] Dalam Bahasa Arab metode dikenal dengan istilah thariqah yang berarti langkah-langkah strategis yang harus dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Jika dihubungkan dengan pendidikan Islam maka haruslah diwujudkan dalam proses pendidikan Islam itu sendiri.[5]
Sedangkan menurut terminologi (istilah) Abd. Al Rahman Ghunaimah mendefenisikan bahwa metode adalah cara-cara praktis dalam mencapai tujuan pendidikan.
Dari penjelasan diatas dapat kita pahami bahwa alat dalam pendidikan Islam adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam termasuk di dalamnya metode tersebut. Sebab metode menjadi alat dalam mencapai tujuan pendidikan itu sendiri secara khusus.

B.     Jenis-Jenis Alat dan Metode Pendidikan Islam
1.      Jenis alat pendidikan Islam
Berikut akan diuraikan secara ringkas beberapa alat pendidikan dalam bentuk nonmateri berdasarkan perspektif pendidikan Islam itu sendiri, yaitu:
a.       Keteladanan
...............................................................
b.       Perintah dan Larangan
Perintah adalah tindakan pendidik menyuruh anak didik melakukan sesuatu. Sedangkan larangan merupakan tindakan pendidik menyuruh anak didik tidak melakukan atau menghindari tingkah laku tertentu. Alat ini adalah sebagai pembentuk disiplin secara positif. Disiplin diperlukan dalam pembentukan kepribadian, terutama karena nanti akan menjadi disiplin sendiri, dengan penanaman disiplin luar terlebih dahulu.
c.        Teguran
..............................................................................................................
d.       Peringatan dan Ancaman
Peringatan diberikan kepada anak yang telah beberapa kali melakukan pelanggaran, dan telah diberikan teguran pula atas pelanggarnya. Dalam memberikan peringatan ini, bisanya disertai dengan ancaman akan sanksinya. Karena itulah, ancaman merupakan tindakan pendidik mengoreksi secara keras tingkah laku anak didik yang tidak diharapkan, dan disertai perjanjian jika terulang lagi akan dikenakan.
e.        Hukuman
Hukuman diberikan karena adanya pelanggaran, ...............................................[6]


[1]Qamari Anwar, Pendidikan Sebagai Karakter Budaya Bangsa, (Jakarta : Uhamka Press, 2003), hlm. 42
[2]Zakiah Deradjat, Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta : Bumi Aksara, 1984), hlm. 80
[3]Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Kalam Mulia, 2010), hlm. 251
[4]Aat Syafaat dan Sahori Sahrani, Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja,(Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2008), hlm. 39
[5]Ibid,.hlm. 214
[6]Ramayulis dan Samsul Nizar, op.cit,. hlm. 252-257







BAGI YANG BERMINAT DENGAN MAKALAH INI HUB : 0852 7123 1012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar